Selasa, 04 Oktober 2011

Rahasia sukses dalam menerima nasehat atau kritik

Rahasia sukses dalam menerima nasehat atau kritik yaitu : 

  1. Rindu kritik dan nasehat,  Kita harus memposisikan diri menjadi orang yang rindu dikoreksi, rindu dinasehati,
    seperti rindunya kita melihat cermin agar penampilan kita selalu bagus,
    seperti pemimpin sejati adalah pemimpin yang selalu rindu dikoreksi oleh anggota atau bawahannya,
    seperti seorang guru yang senantiasa mengharapkan saran agar lebih baik dalam cara mengajarnya tidak akan pernah menjadi hina jika ia meminta saran atau kritik dari murid-muridnya,  dll
    Lebih baik menghargai kritik dan koreksi dibandingkan pujian.
  2. Cari dan tanya, Belajarlah bertanya kepada orang lain dan nikmati saran-saran yang merekalontarkan, milikilah teman yang mau jujur mengoreksi, tanya pula kepada istri, suami, anak-anak,karyawan dan lain-lain.
  3. Rahasia kita agar sukses ketika menerima kritik adalah nikmati kritik itu sebagai karunia Allah ; karena seseorang tidak akan mati karena dikritik, maka oleh karena itu jika di koreksi maka dengarkanlah, jangan sibuk membela diri karena makin sibuk membela diri maka tidak akan mendapatkan sesuatu.

    Memang orang yang lemah,orang yang sombong , orang-orang yang penuh kebencian itu tidak pernah tahan terhadap kritik, jika ada yang mengkoreksi maka dirinya sibuk untuk membela diri, sibuk untuk berpikir dan sibuk untuk membalas, ketahuilah bahwa orang yang demikian itu tidak akan bisa maju.

    Orang yang kokoh dan kuat itu bukan orang yang sibuk memberikan alasan ketika dia dikritik, karena jika tidak hati-hati alasan itu justru memperjelas kesalahan.Dari pada kita sibuk menyerang orang lain dan membela diri, sebaik-baik jawaban atas kritik dan koreksi adalah dengan memperbaiki diri.Orang lain sibuk mencari kejelekan kita, tetapi kita justru sibuk memperbaiki kejelekan kita.

    Lalu bagaimana jika lalu kita dihina terus ?  jangan risau , karena semua orang yang sukses dan mulia itu pasti ada yang menghina, tidak akan pernah didengki kecuali orang yang berprestasi, makanya jangan takut ! kalau kita dihina justru kita harus sibuk memperbaiki diri.
  4. Biasakanlah kita untuk menjadi orang yang berterima kasih,  kalau kita berubah,..... jangan pernah lupa untuk menyebut jasa orang yang pernah merubah kita sehingga kesuksesan ini harus jadi kebahagiaan dan kesuksesan  bagi orang lain.

    orang yang tidak bisa dikoreksi itu adalah orang yang sombong, merasa pintar sehingga menganggap rendah setiap
    nasehat.
    Ciri orang yang sejati adalah seorang  yang mencintai nasehat.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More